Chat with us, powered by LiveChat

Perawatan Ayam Laga Yang Wajib Dilakukan Sehari-hari

Ayam laga

Perawatan Ayam Laga Yang Wajib Dilakukan Sehari-hari – Admin kembali dengan info Perawatan Ayam Laga Yang Wajib Dilakukan Sehari-hari, berbeda dengan jenis ayam lain ya, seperti ayam boiler atau ayam ternak lain ayam laga memerlukan perlakuan khusus dengan perawatan-perawatan yang bisa di bilang tidak wajae hahah. Karena ayam laga adalah ayam yang akan di jadikan atlit tarung yang akan berlaga di arena sabung ayam tentunya. pada dasarnya ayam laga juga tidak jauh beda dengan ayam bangkok , brima, pakhoy dan jenis jenis ayam laga yang terdaftar di mata para penghobi ayam laga / sabung ayam.

Laga Ayam – Perawatan harian adalah bagian paling penting dalam pemeliharaan ayam laga, jadi hal ini tidak boleh dianggap remeh. Dari sudut pandang peternak, perawatan yang baik akan menentukan tingginya harga jual ayam laga. Sedangakan bagi para penghobi ayam laga perawatan adalah bagian paling penting agar ayam laga bisa menjadi juara di arena dan mampu menumbangkan lawan-lawannya.

Ayam Bangkok – Berikut Cara Perawatan Harian Ayam laga yang Wajib Dilakukan
Bisa dibilang merawat ayam laga itu gampang-gampang susah, dalam hal ini para botoh dituntut agar rajin dan teliti dalam merawat ayam laga. Kesalahan ketika perawatan harian bisa berakibat fatal, berikut adalah tips merawat ayam laga yang bisa anda terapkan.

Merawat ayam laga
Ayam laga belum bisa dikatakan sebagai ayam jago, usia ayam dibilang laga yaitu sejak menetas sampai menginjak usia 6 bulan. Pada tahap ini perawatan ayam harus dilakukan secara maksimal karena pada fase ini adalah fase pertumbuhan bagi ayam laga.

Berikan makanan yang kaya akan gizi yaitu kombinasi dari berbagai pakan sepeti konsentrat, beras jagung, nasi dan pakan lainnya. Berikan vaksin dan vitamin agar ayam laga tidak gampang terserang penyakit.

Pada masa ini sebaiknya ayam laga jangan sampai bertarung apalagi sengaja diadu. Hal ini perlu hindari supaya mental dan pertumbuhan ayam tidak terganggu. Selanjutnya ayam laga harus rutin diumbar agar bisa bergerak bebas.

Memandikan dan menjemur
Ketika ayam laga sudah dewasa, yaitu sudah berumur lebih dari tuju bulan maka bisa diberikan tambahan program perawatan. Selanjutnya perawatan harian ayam laga yang perlu dilakukan adalah memandikan dan menjemur ayam.

Memandikan dan penjemuran sangat berguna untuk membentuk otot ayam dan membuat ayam jauh lebih sehat. Selain itu dengan dijemur secara rutin stamina ayam akan menjadi lebih bagus sehingga dapat bertanding dalam waktu yang lama.

Waktu yang bagus untuk memandikan ayam laga yaitu antara pukul 7-9 pagi dan setelah itu ayam bisa dijemur di bawah matahari pagi. Namun teman-teman botoh harus ingat, jangan menjemur ayam laga terlalu lama, cukup 2-3 jam saja. Lakukan pola perawatan ini setiap hari saat cuaca sedang bagus, dijamin dalam waktu dua minggu akan terlihat jelas perbedaan pada ayam laga andalan anda.

Berikan racikan jamu
Mungkin ada sebagian orang yang menganggap pemberian jamu kepada ayam laga merupakan hal yang tabu. Tapi faktanya jamu mempunyai banyak sekali khasiat bagi ayam laga, diantaranya dapat menjaga kekebalan tubuh, memperpanjang nafas, dan membuat ayam lebih ganas dan agresif.

Untuk perawatan harian sobat bisa meracik sendiri jamu ayam, resep jamu ayam laga yang paling lagah ialah dengan menggunakan kuning telur yang ditambah dengan madu dan kunyit. Jamu bisa diberikan seminggu sekali atau lima hari sekali sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih jelas sobat bisa membaca tulisan cara membuat jamu ayam kompit. Di sana kami sudah membahas secara rinci mengenai cara membuat jamu ayam laga laga.

Latihan tanding (abar)
Selanjutnya perawatan rutin ayam laga yang harus dilakukan adalah latihan tanding atau abar. Dalam hal ini sobat bisa melakukan uji coba tanding setiap seminggu atau sepuluh hari sekali untuk melatih ayam. Latihan abar ini dapat meningkatkan mental dan gaya tarung ayam laga, lalu akan menambah pengalaman ayam laga laga.

Saat melaksanakan latihan tanding anda harus memperhatikan kesiapan ayam, yakni ayam harus dalam keadaan sehat dan prima. Kemudian pilih lawan yang seimbang dengan usia yang tidak jauh berbeda agar ayam tidak terkena penyakit kuning ataupun turun urat. Kemudian untuk durasi bisa disesuaikan sesuai kesanggupan ayam.

Kesimpulan
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa perawatan harian ayam laga adalah langkah paling penting untuk meningkatkan kualitas tempur ayam andalan anda. Pastinya rekan-rekan botoh sekalian mempunyai cara dan metode tersendiri untuk merawat ayam. Kami akhiri postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna untuk kita penggemar ayam laga.